Jakarta, Mantenhouse – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat dana pernikahanmu. Kali ini kami akan kembali memberikan tips khusus, agar kamu dapat menghemat anggaran paling sedikit sekitar 1 juta rupiah. Pernahkan kamu memiliki kenalan atau bahkan kerabat sendiri yang sudah memesan dan sudah membayar tanda jadi untuk vendor-vendor seperti sewa gedung, katering, jasa foto dan video, make up, ataupun penata rias namun karena berbagai macam hal, harus pindah vendor atau tanda jadi tersebut dibatalkan sama sekali?

Padahal, dana yang harus dikeluarkan untuk membayar tanda jadi tersebut biasanya tidaklah kecil. Terutama tanda jadi untuk sewa gedung dan katering, nilainya sudah pasti jutaan. Nah, daripada harus merelakan dana yang cukup lumayan tersebut untuk hangus begitu saja, mereka biasanya lebih baik menawarkan tanda jadi tersebut kepada pasangan calong pengantin lain. Hal ini biasanya disebut over DP.

Pada umumnya para calon pengantin tersebut menggunakan fasilitas yang disediakan beberapa  forum online. Salah satu yang kami temui terdapat di subforum wedding & family, terdapat thread khusus untuk saling berbagi informasi pasangan yang ingin over DP maupun takeover DP.  Dalam thread tersebut, calong pengantin (capeng) cukup memposting keinginan untuk menawarkan over DP layanan yang telah mereka booking. Jika kamu ingin mengetahui update terbaru mengenai jasa over DP apa saja yang sedang ditawarkan, cukup mengecek dua halaman terakhir dari thread tersebut.

Ingatlah untuk tetap berhati-hati dalam memanfaatkan over DP ini, tanyakan berbagai alasan hingga kamu yakin untuk mau melakukan takeover sebuah vendor. Selain itu, jangan asal mentransfer senilai uang karena sudah terlanjur tergiur dengan informasi yang ada. Teliti sebelum membeli dan usahakan untuk melakukan tatap muka dengan pihak pasangan capeng yang menawarkan.  Dengan memanfaatkan keberadaan orang yang ingin over DP memang akan menghemat pengeluaran kamu, tetapi ingatlah untuk tetap berhati-hati dan merundingkan segala sesuatunya dengan pasanganmu.

(Red/MHDC)

ilustrasi: vendor Mantenhouse

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 45 = 46