Memahami Arti di Balik Istilah Wedding Photography & Videography

February 3rd, 2017

istilah-foto-ARTICLE

Terkadang berbagai istilah digunakan dalam fotografi seringkali membingungkan para calon pengantin ketika berdiskusi dengan vendor foto dan video. Untuk itu ada baiknya untuk memahami istilah-istilah dasar yang mereka gunakan agar tidak terjadi miskomunikasi dan hasil foto yang diinginkan dapat diterjemahkan dengan baik oleh si fotografer.

  • Formal Portraiture

Formal Portraiture merupakan istilah yang merujuk pada foto formal pasangan pengantin dengan gaya yang resmi, baik berdua maupun bersama dengan keluarga ataupun rekan dan kerabat. Biasanya formal portraiture dilakukan di depan pelaminan dengan kedua pengantin duduk di tengah.

  • Photojournalism

Photojournalism digunakan oleh para fotografer untuk menangkap seluruh momen yang terjadi selama acara di hari pernikahan berlangsung. Hasil foto akan menampilkan ekspresi natural dari orang-orang ataupun acara yang hadir.

  • Aged Photographs

Aged Photographs adalah hasil foto dengan tone warna hitam putih atau sephia untuk menampilkan kesan foto yang sudah tua dan menciptakan suasana yang timeless.

  • Candid

Mirip seperti photojournalism, candid merupakan tehnik foto yang dilakukan secara diam-diam untuk menangkap ekspresi spontan seseorang pada momen tertentu. Objek foto biasanya tidak sadar kamera ketika fotografer melakukan candid.

  • Prewedding

Merupakan sesi foto yang dilakukan oleh kedua calon mempelai sebelum pernikahan dilangsungkan. Prewedding dapat dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hasil foto prewedding biasanya akan dipajang di hari pernikahan atau digunakan dalam undangan pernikahan.

  • Same day edit

Same day edit merupakan istilah yang digunakan untuk videographer untuk merujuk kepada video clip yang diedit di hari yang sama pada saat pernikahan untuk diputar pada saat resepsi berlangsung. Biasanya video same day edit berisi penggabungan antara potongan video prewedding dan akad nikah /pemberkatan yang dilakukan di pagi hari.

  • Photo slide

Photo Slide adalah kumpulan foto – foto kedua calon mempelai yang dijadikan satu video berdurasi tertentu. Photo clip dapat berisi berbagai hal seperti perjalanan kisah cinta kedua mempelai, ucapan selamat berbahagia dari teman dan kerabat ataupun kompilasi hasil foto pernikahan.

  • Beauty shoot

Merupakan istilah dalam fotografi untuk mengabadikan barang atau momen yang indah, menarik dan cantik. Beauty shoot dalam dunia wedding biasanya disetting khusus oleh si fotografer dengan objek calon mempelai wanita, calon mempelai pria, maupun pernak pernik wedding seperti cincin pernikahan, gaun, jas, hand bouquet, dan lainnya didalam liputan pernikahan.

 

 Foto Kredit: WHY MOMENTS Photography

Leave a Reply