Dok: AA Fotografi

Peran fotografer tentu sangat penting untuk mengabadikan momen bahagia Anda. Sayangnya, menemukan juru foto yang tepat bukan hal mudah. Simak sembilan tips berikut ini agar dapat memilih fotografer yang sesuai dengan keiinginan Anda.

1. Pelajari Hasil Fotonya

Ini langkah pertama yang paling penting. Lihat semua contoh-contoh foto dan portfolio album pernikahan yang dia hasilkan. Coba perhatikan apakah angle-angle foto dan hasil akhirnya sesuai dengan selera Anda. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti background studio yang digunakan. Sebaiknya fotografer Anda punya background studio untuk foto full body dan menutupi lantai yang Anda injak. Ini penting jika Anda menginginkan foto satu badan penuh hingga kaki. Cek juga apakah sang fotografer punya warna background yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Pilih Fotografer Anda

Beberapa perusahaan memiliki banyak fotografer utama. Jika Anda menyukai salah satu portfolio foto, tanyakan fotografer mana yang menghasilkan karya tersebut. Sebisa mungkin Anda harus mendapatkan fotografer yang hasilnya sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ditawari fotografer yang lain, pelajari dulu karya-karyanya. Tidak perlu takut untuk mencari vendor foto lainnya jika fotografer yang Anda inginkan tidak tersedia.

3. Kenali Fotografer Anda

Sebelum hari H, pastikan anda sudah berbicara dengan fotografer yang anda pilih dan pastikan fotografer yang anda pilih dapat diajak kerjasama dengan baik. Beritahu apa yang anda inginkan untuk foto-foto pernikahan Anda, termasuk siapa saja yang ingin Anda abadikan. Jika Anda mempunyai referensi contoh-contoh, tunjukkan kepada fotografer Anda dan tanyakan apakah memungkinkan untuk membuat hal serupa.

4. Pahami Paket yang Ditawarkan

Pastikan Anda memahami apa yang Anda dapatkan di paket foto yang Anda pilih. Hal yang perlu diperhatikan termasuk, berapa lama fotografer akan bekerja (mulai dari prewed sampai hari H), berapa album yang Anda dapatkan, berapa banyak foto studio yang Anda dapatkan, apakah Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk foto studio, serta apa saja yang Anda dapatkan selain album (misalnya foto kanvas atau CD kompilasi foto).

Sebelum menandatangani kontrak, Anda dan fotografer harus sepakat terhadap hal-hal tersebut untuk menghindari perselisihan di masa datang. Dengan sama-sama memahami hak dan kewajiban masing-masing semua pihak akan bisa merasa lebih puas.

5. Kenali Biaya Lainnya

Selain harga paket, adakah biaya lain yang akan dibebankan kepada Anda. Budget memang hal yang sensitif dalam merencanakan pernikahan. Karena itu, jangan sampai Anda overbudget akibat kurang teliti dalam memeriksa detail kontrak.

Beberapa fotografer juga bisa menawarkan paket ‘upgrade’ dengan beberapa nilai lebih. Jika masih sesuai budget tak ada salahnya menanyakan tentang hal ini. Momen pernikahan seumur hidup sekali tentunya pantas mendapatkan dokumentasi yang baik.

6. Tandatangani Kontrak

Sangat disarankan ada kontrak tertulis yang memuat kesepakatan antara Anda dan sang fotografer. Baca dulu baik–baik kontrak yang ada, bandingkan dengan kontrak perusahaan lain sebelum anda menandatangani kontrak tersebut jika memungkinkan. Pastikan semua keinginan Anda tertulis di kontrak untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

7. Waktu Penyelesaian

Beberapa perusahaan memberikkan hasil fotonya lebih cepat dengan yang lain. Pastikan anda juga membandingkan hal ini.

8. Alat–alat yang Digunakan

Jika Anda mengerti tentang dunia fotografi, tak ada salahnya menanyakan detail-detail teknis seperti apa alat yang digunakan. Jika Anda awam dengan hal-hal tersebut, amati saja dengan detail portfolionya. Apakah hasil fotonya cukup tajam, warna yang dihasilkan cukup baik, dan pencahayaannya bisa membuat gambar yang diambil lebih bagus.

9. Pertimbangkan Juga Dokumentasi Video

Biasanya fotografer menawarkan satu paket dengan dokumentasi video. Lihat juga hasil karya videonya selama ini. Bicarakan juga video apa yang Anda harapkan untuk mengetahui apakah si vendor sanggup melakukannya. Jika Anda memilih vendor yang sama dengan foto, usahakan untuk meminta harga spesial untuk pemesanan paket foto dan video. Jika Anda harus memilih vendor lain, tentukan bersama pasangan, mana yang lebih penting. Foto atau video. Di vendor yang mana Anda bersedia untuk menghabiskan porsi budget lebih.

(fta/eya)

sumber: wolipop.com

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 48 = 57