Jakarta, Mantenhouse – Couples, sudah tahu belum kesenian Celempong itu apa? Bagi yang tinggal di daerah Riau ataupun masih mengenal budaya Melayu, pasti tahu apa itu kesenian Celempong. Di dalam tradisi Melayu, kesenian Celempong biasanya dipentaskan pada acara-acara khusus seperti pernikahan.

Kesenian celempong sebenarnya merupakan kesenian tradisional yang mengandung khasanah budaya masyarakat Melayu yang sudah tumbuh dan berkembang sejak lama di daerah Indragiri Hulu. Dalam masyarakat Melayu, kesenian Celempong dilakukan untuk mengarak pengantin laki-laki dalam upacara pernikahan.

Terdiri atas peralatan musik gendang dan sejenis gong yang disebut tetawa, rangkaian musik ini mengiringi tarian pencak silat dalam kegiatan yang bukan hanya pada pesta pernikahan, tetapi juga pada acara-acara penyambutan tamu terhormat.

Seperti pada kegiatan iring-iringan pernikahan daerah lainnya, rombongan kesenian Celempong pada pesta pernikahan berada di belakang rombongan pengantin pria. Tidak hanya mengiringi arak-arakan, kesenian Celempong akan menyajikan tarian beladiri pencak silat pada saat iring-iringan ini telah sampai di lokasi pesta pernikahan.

Dahulu setiap kali ada salah satu anggota yang menyelenggarakan upacara pernikahan, kesenian Celempong ini pasti disertakan dalam arak-arakan pengantin Melayu. Oleh karena itu tidak heran bila dulu terdapat group kesenian Celempong di setiap desa.

Namun karena tergerus perkembangan jaman dan tidak berjalan lancarnya regenerasi pemain Celempong, kesenian ini sudah jarang sekali dilakukan, terutama pada saat pesta pernikahan. Oleh karena itu pemerintah Kepulauan Riau mulai memberikan insentif agar kesenian ini tetap bertahan dan selalu menyajikan kesenian Celempong dalam setiap kegiatan daerah.

(lde/MHDC)

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


21 − = 17