Jakarta, Mantenhouse.com – Keelokan pengantin Sunda memang membuat mata terpukau, pesona dari keanggunannya telah mendunia. Busana pengantin Sunda yang dikenal dengan Sunda Siger ini terinspirasi dari busana para putri-putri di Kerajaan Sunda di masa lampau. Tata rias pengantin sunda siger Dalam Kamus Basa Sunda RA Danadibrata, siger diartikan sebagai sejenis mahkota untuk perhiasan kepala pengantin atau wayang wong, yang berarti meletakkan kearifan, kehormatan, dan sikap bijak sebagai hal pokok yang harus dijunjung tinggi. Tak lupa daun sirih berbentuk wajik yang dikenakan di kening pengantin wanita sebagai simbol penolak bala.

pengantin sunda siger 1

Tata Rias dan Busana Pengantin Sunda :

Pengantin wanita mengenakan siger, sanggul ciwidey dengan beberapa hiasan penghias sanggul yaitu 6 buah Kembang Tanjung, dan 7 buah kembang goyang. Mengenakan ronce bunga melati yang terdiri dari Melati Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, Penetep, Mayangsari. Busana Pengantin wanita Sunda Siger mengenakan kebaya brokat kuning atau krem. Perhiasan yang dikenakan yaitu Kelat Bahu di kedua lengan, gelang permata, cincin permata dan dua buah kalung pendek dan panjang. Di bagian bawah, kain batik Lereng Eneng Prada atau Sido Mukti dengan wiron (lipatan pada bagian depan kain).

Busana pengantin pria mengenakan Jas buka Prangwedana berwarna senada dengan pengantin wanita beserta bendohiasan permata, Boro Sarangka dan Kewer. Demikian pula dengan kain batik yang dikenakan pengantin pria, harus sama dengan pengantin wanita, yaitu kain batik corak Lereng-eneng atau Sido Mukti. Pengantin pria juga memakai Bendo hiasan permata, Boro Sarangka (tempat menyimpan keris), dan keris sebagai pelengkap.

Makna dibalik Tata Rias dan Busana Pengantin Sunda :

Kembang tanjung Hiasan sanggul dengan pola kembang tanjung merupakan lambang kesetiaan dan cinta kasih. Siger berarti meletakkan kearifan, kehormatan, dan sikap bijak sebagai hal pokok yang harus dijunjung tinggi. Roncean bunga sedap malam dan melati Bunga melati mempunyai nilai kesucian atau kemurnian. Kebaya Kebaya memberikan identitas tersendiri kepada perempuan Indonesia. Samping Lereng Eneng dan Sido Mukti Sido mukti melambangkan harapan akan masa depan yang baik, penuh kebahagiaan untuk kedua mempelai Lereng Eneng berasal artinya jalan kehidupan setelah menikah akan sangat panjang dan banyak rintangan, maka semua itu harus dihadapi dengan keuletan dan kesabaran dan yang terpenting mau berusaha. Jas buka prangwadana yang dikenakan pada pengantin pria ini merupakan perpaduan antara baju taqwa dan baju pangsi yang melambangkan kewibawaan dan kejantanan seorang pria. Bendo Bendo sebenarnya bentuk praktis dari iket yang merupakan tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Sunda. Keris oleh masyarakat Sunda dilambangkan sebagai simbol kejantanan.

Setiap detail busana pengantin tradisional mengandung makna dan filosofi yang tinggi di dalamnya, begitupun pada busana pengantin Sunda yang ternyata mengandung nilai kearifan, kehormatan sebagai nilai pokok yang harus di jujung tinggi. Nah couples, bagi kamu calon pengantin Sunda, setelah mengetahui makna dibalik busana pengantin Sunda tak ragu lagi kan untuk mengenakannya?

Berikut beberapa vendor terpercaya yang menyedia jasa make up dan busana pengantin adat Sunda:

Sangar Liza

Alamat : JL.J No.7 & 29 Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan 12830

Telp  : +62.21.8299280; +62.21.70886588

Fax : +62.21.83794263

Email : sanggarliza@gmail.com

Website : www.sanggarliza.com

Kusumo Inten

Alamat : Jl. Nyiur, KAV Marinir, Block AC 1 No. 1, Jakarta Timur 13640,

Telp : (021) 865 0515

Fax: (021) 869 03450

Email :  info@kusumointen.com

Website : www.kusumointen.com

Santi Abiyanto Make Up dan Wedding Sevice

Alamat : Jln. Tumaritis no: 7 Fatmawati Cilandak, Jakarta Selatan

Telp :  083879107003 ; 021 75817792

Email :santiabiyanto@gmail.com

Aluira Make Up & Kebaya

Alamat : Komp. Kodam Jl. Manunggal 1 no. 14, Jatiwaringin, Jakarta Timur, 17411

Telp : 0818 0909 3369

Email : aluira_kebaya@yahoo.com

Website : www.aluira.com

Ratu Wedding

Alamat : Jl. Pulo Asem Timur Raya No. 46 Jati Rawamangun, Jakarta Timur

Telp : (021) 47881712 ; (021) 47881716 ; 0813 85140589

Fax :  (021) 4711581

Email : ratuwedding2013@gmail.com

(achy/MHDC)

Images : AA Photography

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 6 = 3