Dwi Tunggal Citra Catering
Foto Credit: Dwi Tunggal Citra Catering

Sudah menjadi hal yang wajar jika makanan menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah perhelatan resepsi pernikahan, karena makanan yang disediakan untuk menjamu tamu dapat menjadi salah satu penentu suksesnya sebuah acara pernikahan.

Untuk itu setelah menemukan vendor catering yang sesuai dengan selera, makanan menjadi salah satu hal utama yang wajib untuk didiskusikan dengan matang bersama vendor. Porsi yang terlalu banyak tentu akan merugikan pihak pengantin karena dapat membuat biaya pernikahan menjadi membengkak, namun porsi yang terlalu sedikit akan membuat para tamu kehabisan makanan dalam waktu singkat. Jadi bagaimana solusi dalam menentukan porsi catering yang tepat ?

Hal umum pertama yang menjadi pedoman dalam menentukan porsi catering adalah dengan memperkirakan jumlah tamu yang hadir. Biasanya perhitungannya adalah dengan mengkalikan jumlah undangan dengan 2. Hal ini dikarenakan biasanya 1 undangan bisa dihadiri oleh 2 orang. Jadi porsi makanan akan dihitung berdasarkan perkiraan jumlah tamu yang hadir.

Contoh: 500 undangan, maka perkiraan jumlah tamu yang hadir: 1.000 orang.
Dengan asumsi tingkat kehadiran tamu adalah 90%, maka kemungkinan tamu undangan yang akan hadir adalah sekitar 900 orang

Langkah selanjutnya dalam memesan porsi catering yang tepat adalah menentukan persentase atau rasio antara makanan buffet dan pondokan. Rasio yang digunakan sangat beragam tergantung pada calon pengantin masing-masing. Namun pada umumnya rasio berkisar antara 70%:30% atau 60%:40% untuk buffet vs pondokan. Mas Awang dari DTC Catering mengungkapkan biasanya untuk para kliennya, pihaknya menyarankan rasio 60% buffet dan 40% pondokan untuk perkiraan jumlah tamu hingga 1.500 orang, sedangkan untuk jumlah tamu di atas 1.500, rasio 50% buffet dan 50% pondokan masih dapat dilakukan.

Cara penghitungannya:

  1. Buffet >> 60% x 900 orang = 540 porsi
  2. Pondokan
    Dengan asumsi satu orang akan mengunjungi 5 pondokan, maka total perhitungan akan dikali 5, menjadi sebagai berikut:
    40% x 900 orang x 5 pondokan = 1.800 porsiTotal porsi pondokan ini kemudian dibagi lagi ke dalam masing-masing menu pondokan tergantung banyaknya menu pondokan yang dipesan.

    (Contoh yang dipesan: 6 menu pondokan)
    1.800 porsi : 6 menu pondokan = 300 porsi /menu pondokan

Dengan perhitungan tersebut maka untuk 500 undangan, kamu perlu mempersiapkan 540 porsi buffet dan 1.800 porsi pondokan

Selain porsi makanan, jangan lupa juga untuk memilih menu makanan yang sesuai dengan selera “Setiap catering memiliki menu andalannya masing-masing. Untuk itu, jangan lupa juga untuk menanyakan menu apa yang direkomendasikan atau paling banyak dipesan oleh orang,” ungkap Mas Awang.

Umara Catering
F
oto Credit: Umara Catering

Lain halnya menurut Bpk. Adhia Absar, CEO dari Umara Catering yang sudah 3 tahun berkecimpung di dunia kuliner. Menurutnya, makanan merupakan suatu hal yang personal bagi pasangan calon pengantin. Untuk itu, pemilihan vendor catering yang terpercaya menjadi hal yang mutlak, karena lewat makanan, calon pengantin dapat mengukir momen yang akan diingat sepanjang masa. Untuk itu pastikan vendor catering yang dipilih hanya menggunakan bahan-bahan makanan yang segar dan berkualitas dengan penyajian menu makanan yang apik dan menarik.

Menu makanan yang lezat serta porsi yang tepat tentunya akan membuat pesta pernikahanmu menjadi tak terlupakan bagi para tamu undangan. Selamat berhitung !

Add Comment

3 Responses

    • August 17, 2016

    Mohon pencerahannya dlm penghitungan pondokan, ada inkonsistensi dalam pemilihan jumlah pondokan/gubugan.

    Dicontohkan: 40% X 900 org X 5 pondokan = 1800 porsi tetapi diperbolehkan pilih 6 pondokan/gubugan = @300 porsi

    Alangkah baiknya bila jumlah pondokan tetap 5 namun jumlah porsi/gubugan menjadi lebih banyak atau dari awal sudah dibolehkan memilih 6 gubugan.

    Terima kasih.

      • August 18, 2016

      Hi mas Agus, kami sangat berterima kasih atas masukannya. Contoh perhitungan diatas di maksudkan dengan asumsi jika 1 orang tamu mencicipi 5 jenis pondokan pada 6 menu pondokan yang disediakan. Pemilihan banyaknya menu yang akan dipilih dikembalikan kepada kebijakan masing – masing catering atau pengantin yang akan memesan. Saran dari narasumber adalah jika tamu 900 orang, maka minimal banyaknya makanan pondokan adalah 1800 pax yang bisa dibagi menjadi 6 menu pondokan atau lebih (kembali lagi sesuai kebijakan catering dan keinginan pengantin). Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga menjawab pertanyaan mas Agus atas artikel diatas. Terima kasih.

    • February 6, 2018

    Gubugannya termasuk dessert seperti ice ream dll kah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


35 + = 37