Open/Close Menu
Pameran Pernikahan Indonesia 2019 – Wedding Expo Jakarta

Inilah 8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Agar Pernikahan Kamu Irit Biaya

Bagi kamu yang sudah berumur dan ingin segera menikah, pastinya akan bertanya-tanya, “Berapa sih sebenarnya biaya untuk menikah?”, “Apakah pernikahan tidak bisa dilakukan secara sederhana saja?”. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerap muncul bagi siapa saja yang ingin melangsungkan pernikahan. Namun, pada kenyataannya apakah biaya pernikahan itu begitu besar?

Secara umum, memang tidak ada aturan yang menyatakan soal jumlah pasti dari sebuah biaya pernikahan. Namun masyarakat Indonesia memang kerap disuguhkan dengan pesta pernikahan yang meriah dan lumayan megah, bak raja dan ratu dalam sehari. Inilah yang menjadi momok tersendiri bagi para pasangan yang ingin menikah.

Nah, daripada bingung-bingung tentang berapa biaya pernikahan sederhana namun  tetap bisa merasakan momen indah yang tak terlupakan, maka berikut Gebyar Pernikahan Indonesia akan membagikan informasi 8 hal yang harus kamu perhatikan agar biaya pernikahan menjadi irit, antara lain:

1.  Mencari lokasi dan dekorasi yang sesuai

Dari keseluruhan anggaran yang kamu miliki, setidaknya kamu harus mengalokasikan 30 persen untuk urusan lokasi pesta serta set dekorasi, atau sedikitnya Rp 15 juta. Masih terasa sedikit berat? Maka kamu bisa mencoba berbagai tempat pertemuan umum seperti balai pertemuan warga, aula sekolah, balai serbaguna dan lain sebagainya, yang biasanya akan mematok harga sekitar Rp 5 juta.

Sementara untuk dekorasi, cobalah untuk mencari yang bersifat minimalis namun tetap terlihat elegan. Kamu pun bisa melakukan beberapa survey kecil sebelum memutuskan untuk mencari dekorasi yang tepat.

2. Pintar memilih katering yang tepat

Tahukah kamu, kalau budget untuk katering itu amat tergatung kepada jumlah tamu yang akan kamu undang. Jadi, untuk memulainya kamu harus pastikan terlebih dahulu berapa jumlah undangan yang bakal hadir. Kalau mengundang sekitar 200-300 undangan, maka kamu bisa mengalokasikan dana sebesar Rp 15 juta untuk katering tersebut.

Namun satu hal yang harus kamu ingat adalah, kualitas dari katering bukan dilihat dari banyaknya yang disajikan, melainkan dari rasa yang sangat disukai oleh setiap tamu undangan yang datang.

3. Memilih busana serta tata rias pengantin

Ingat! Busana dan tata rias pengantin ini hanya perlu digunakan sekali dalam seumur hidup, jadi kamu pun tak perlu repot untuk membelinya, melainkan lebih baik untuk menyewanya saja. Untuk penyewaan baju dan tata rias pengantin ini sedikitnya kamu harus mengalokasikan dana sekitar Rp 5 juta keatas.

4. Menyiapkan undangan dan souvenir

Nah, untuk yang satu ini memang harus kamu dan pasangan pikirkan matang-matang. Pasalnya, sangat banyak undangan yang bagus dan mewah akan berakhir terbuang begitu saja oleh penerima undangan. Jadi, biar gak sia sia sekaligus bisa menghemat, maka cobalah untuk meminimalisir biaya di poin yang ini ya.

Apalagi di zaman modern ini, sudah banyak aplikasi yang bisa menciptakan undangan secara digital yang membuat pengeluaran semakin lebih irit lagi.

5. Mengurusi biaya KUA dan dokumen lainnya

Ya, di poin ini adalah hal yang paling penting untuk membuat pernikahan kamu sah di mata hukum. Setidaknya, alokasikan dana sebesar RP 1 juta untuk mengurusin setiap berkas dan dokumen tentang pernikahan kamu dan pasangan.

6. Mencari jasa dokumentasi

Untuk yang satu ini, kamu dan pasangan juga tak perlu banyak mengeluarkan biaya demi urusan dokumentasi. Sedikitnya, kamu bisa mengeluarkan biaya minimal Rp 5 juta. Selalu ingat bahwa di zaman sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang menawarkan jasa dokumentasi pernikahan, sehingga kamu dan pasangan juga harus teliti untuk mencari yang termurah dari yang termurah.

7. Mengundang jasa hiburan

Secara umum, jasa hiburan untuk pernikahan berkisar antara Rp 2-3 juta. Biaya tersebut sudah termasuk kedalam biaya latihan, busana para penyanyi, serta peralatan musik yang akan digunakan. Namun jika ingin lebih irit lagi, maka kamu bisa menggunakan jasa organ tunggal.

8. Sisakan untuk biaya tak terduga

Agar prosesi pernikahan tetap dapat berjalan secara baik dan lancar, maka sangat dianjurkan bagi kamu dan pasangan untuk menyisihkan biaya tak terduga sedkitnya Rp 4-5 juta. Biaya-biaya ini nantinya bisa meliputi biaya konsumsi panitia, transportasi, dan lain sebagainya.

Nah.. itulah tadi 8 hal yang harus kamu perhatikan dan harus kamu rinci biaya nya demi melangsungkan pernikahan. Sebenarnya masih ada beberapa poin lain yang bisa kamu baca untuk menganalisa biaya pernikahan yang sesuai dengan budget kamu dan pasangan.

Untuk itu segera kunjungi www.gebyarpernikahanindonesia.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Semoga bermanfaat!

Sumber:  https://www.moneysmart.id/biaya-nikah-sederhana-bujet-rp-50-juta-ini-cara-wujudkannya/

Leave a Reply

Organized by Manten House & Parakrama Organizer