Sebagai salah satu budaya asli Jakarta, tradisi “palang pintu” masih terus dilestarikan saat ini. Tradisi ini pun masih bisa kita lihat di tiap pernikahan ala betawi yang masih eksis hingga saat ini. Lantas, apa sih makna sebenarnya dari tradisi palang pintu ini?

Nah, buat kamu yang mau menikah dengan menggunakan adat betawi, maka sebaiknya pahami dulu filosofi dan makna tradisi palang pintu pada pernikahan adat betawi sebagaimana yang disampaikan oleh Siswantari sejarawan dari Universitas Indonesia (UI),  berikut ini yang dirangkum oleh Gebyar Pernikahan Indonesia.

Menurut Siswantari, ada begitu banyak filosofi, makna dan nilai yang terkandung dalam tradisi palang pintu ini. salah satunya adalah mengenai kesiapan mental  sang mempelai pria ketika mendatangi rumah calon istrinya, harus melalui ujian terlebih dahulu.

Dalam tradisi palang pintu, juga ada bagian adu pantun yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Antara jawara dari sang mempelai pria, dan jawara dari mempelai wanita. Menurut Siswantari, proses ini dilakukan untuk menonjolkan kemampuan dan keindahan dari seni  sastra betawi. Setelahnya baru dilanjutkan dengan adat pencak silat yang juga menjadi budaya betawi selama ini. dan kemudian di tutup dengan pembacaan ayat suci Alquran maupun shalawat yang menjadi perlambang bahwa yang menjadi pengantin di budaya Betawi harus pintar dalam urusan agama.

Lebih lanjut Siswantari mengatakan bahwa untuk makna dari silat tersebut adalah bahwa pengantin laki-laki dari adat betawi harus mampu melindungi sang wanita dari segala keburukan yang ada.

Menariknya, Siswantari juga mengatakan bahwa tradisi palang pintu dari pernikahan adat betawi ini tidak hanya melulu soal pengantin, melainkan juga dilakukan atas dasar hubungan antar kampung, dan hubungan antar keluarga, yang bertujuan untuk memper erat silaturahmi.

Nah, itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai makna dan filosofi dari tradisi palang pintu yang sering kita lihat saat pernikahan adat betawi. Bagaimana dengan kamu? Sudah siapkah menikah dengan adat betawi?

Yuk untuk mencari informasi lebih banyak seputar pernikahan dengan adat betawi, maka kamu dan pasangan bisa langsung mengunjungi website www.gebyarpernikahanindonesia.com dan temukan berbagai macam referensi khusus untuk pernikahan adat betawi bagi kamu dan pasangan.

Sumber: https://news.okezone.com/read/2019/02/15/338/2018682/filosofi-berbalas-pantun-hingga-adu-silat-jawara-pada-tradisi-palang-pintu

Add Comment

Leave a Reply

Get Free Entrance Ticket.