Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia membuat prosesi pernikahan yang ada di Indonesia pun juga beragam. Nah bagi kalian yang ingin menikah dengan adat Aceh, di artikel ini akan menjabarkan urutan prosesi pernikahan adat Daerah Istimewa Aceh yang dilakukan bahkan sebelum ijab kabul. Provinsi yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini ternyata memiliki rangkaian upacara pernikahan yang unik dan indah loh.

Nah seperti apa urutan beserta tata caranya? Yuk simak artikel ini hingga selesai! Semoga setelah membaca artikel ini, kamu yang lagi siap-siap nikah jadi lebih mengetahui ya!

Persiapan Pernikahan

Seperti di daerah lain, Aceh juga memiliki rangkaian acara adat sebelum pihak pria meminang sang gadis. Ini dia urutannya:

  1. Jak Keumalen

Prosesi ini dilakukan untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang calon pengantin wanita. Pihak laki-laki akan mengutus kerabat yang lebih tua serta dianggap pintar dalam berbicara untuk menemui keluarga calon pengantin wanita dan meminta restu untuk meminang. Selain itu, prosesi ini juga bertujuan untuk bersilaturahmi antar keluarga calon pengantin.

  • Jak Ba Ranub

Dalam pernikahan adat Aceh, Jak Ba Ranup merupakan tahapan lamaran resmi dengan prosesi yang cukup panjang. Pihak keluarga pria akan membawakan sirih dan berbagai benda lain yang menjadi simbol kesungguhan untuk melamar sang gadis. Jawaban dari pihak wanita dirundingkan terlebih dahulu setelah rombongan calon pengantin pria pulang.

  • Jakba Tanda

Jakba Tanda juga bisa dikatakan sebagai acara pertunangan. Namun dalam posisi pihak wanita telah menerima lamaran pihak pria. Pihak calon pengantin pria akan mengantarkan berbagai makanan khas daerah Aceh dan barang-barang lainnya, seperti buleukat kuneeng dengan tumphou, buah-buahan, seperangkat perhiasan dan pakaian lapek tanda.. Barang-barang tersebut diletakkan dalam talam atau dalong yang sudah dihias dan diserahkan ke pihak wanita. Setelah itu baru kedua belah pihak membahas hari pernikahan, jumlah mahar yang diinginkan calon pengantin wanita dan jumlah undangan.

Menjelang Pernikahan

Tahapan prosesi ini harus dilakukan sebelum upacara pelaksanaan pernikahan berlangsung, antara lain:

  1. Malam Peugaca

Kedua mempelai harus melakukan upacara selamatan yang dilakukan pada malam hari selama 3-7 hari, yakni dengan membacakan doa-doa dan pemberian nasihat yang dipimpin oleh sesepuh adat serta diikuti oleh keluarga dan kedua calon pengantin. Prosesi ini dimaksudkan agar calon pengantin diberi keselamatan, berkah, kemudahan dalam hidup, dan rezeki yang lancar.

  • Pembersihan Diri

Calon pengantin harus melakukan upacara pembersih diri saat menjelang upacara pernikahan, agar tampak memesona saat menjadi pengantin. Prosesi koh gilo (merapikan atau meratakan gigi) dan koh andam (memotong rambut halus) yang biasanya hanya dilakukan oleh calon pengantin wanita, serta upacara peumano (acara memandikan kedua pengantin sambil diiringi bacaan doa dan lantunan syair).

  • Khatam Qur’an

Prosesi ini merupakan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilakukan pengantin wanita. Bagi masyarakat Aceh, agama merupakan faktor penting dalam kehidupan rumah tangga. Prosesi ini sebagai tanda bahwa calon pengantin wanita merupakan orang yang shalihah dan taat agama.

  • Hari Pernikahan

Setelah melakukan berbagai rangkaian acara adat sebelum pernikahan, maka calon pengantin pria dan calon pengantin wanita diperbolehkan melakukan ijab kabul sesuai ketentuan agama hingga sah dan melakukan pesta resepsi.

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai tata cara serangkaian adat pernikahan khas Aceh yang sangat unik. Pastikan kamu memahami dan mengikuti seluruh rangkaiannya ya. Bagaimana Couples, sudah siapkah kamu untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius ? Untuk menambah referensi, kamu dan pasangan bisa langsung mengunjungi situs www.gebyarpernikahanindonesia.com ya!

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi langsung pameran pernikahan terbesar di Indonesia bertajuk “Gebyar Pernikahan Indonesia” yang akan diselenggarakan tanggal 4-6 Oktober 2019 bertempat di Kartika Expo center, Balai Kartini Jakarta. Sampai ketemu disana ya Couples!

Sumber foto utama: http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/prosesi-adat/urutan-tata-cara-pernikahan-adat-aceh-5153

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


22 − = 19