fbpx

Hai Couples, bagaimana persiapan pesta pernikahan kalian? Setelah lebih dari dua bulan kita dibuat pusing oleh pandemi Covid-19, akhirnya ada kabar gembira dari pemerintah dan beberapa lembaga survey, bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Kabar ini bukan hanya menyenangkan untuk para calon pengantin loh, tapi juga menjadi kabar gembira buat seluruh vendor pernikahan yang saat ini sedang hibernasi akibat PSBB di mana-mana.

Pertanyaan besar pun muncul, kira-kira pesta pernikahan akan tetap sama paska pandemi berakhir atau akan ada perubahan, ya?

Tentunya pandemi covid-19 telah dan akan mengubah banyak hal dalam keseharian kita, termasuk dalam penyelenggaraan pesta pernikahan ke depan. Apa aja sih yang akan mengalami perubahan? Berikut beberapa hal yang diprediksi akan mengalami perubahan paska pandemi Covid-19 berakhir:

1. Kartu Undangan
Peran kartu undangan fisik tentunya tidak dapat tergantikan sepenuhnya, karena kartu undangan fisik adalah salah satu cara dalam menghargai calon tamu-tamu yang akan diundang. Supaya lebih safety, Couples sebaiknya menggunakan kartu undangan berbahan kertas atau karton serta menghindari penggunaan plastik, karena Virus Covid-19 bertahan lebih lama di permukaan plastik (4-7 hari) dibandingkan bahan kertas/karton (kurang dari 3 jam). Couples juga bisa menyiasati dengan menggunakan alternatif kartu undangan digital yang mulai menjadi trend belakangan ini. Jangan lupa menuliskan pesan di setiap undangan agar para tamu datang dengan menggunakan masker dan menginformasikan bahwa akan ada pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area pernikahan.

2. Souvenir
Seperti halnya kartu undangan, pemilihan souvenir yang lebih aman dari penyebaran virus juga perlu jadi pertimbangan, loh. Untuk menyiasati berbagai jenis material (besi, plastik, kayu dll) souvenir, Couples bisa menggunakan kemasan paper bag (berbahan kertas/karton) untuk meletakan souvenir. Sebelum souvenir diberikan, Couples bisa menyemprotkan disinfektan/sanitizer di depan tamu yang akan menerima souvenir tersebut, supaya mereka merasa nyaman.

3. Tamu Undangan
Tak dapat dipungkiri, kerumunan orang menjadi hal yang menghawatirkan selama masa pandemi ini. Hal tersebut sebaiknya menjadi pertimbangan Couples dalam menentukan tamu-tamu yang akan diundang. Jadi Couples perlu menyeleksi lagi jumlah tamu dan sesuaikan dengan kapasitas ideal gedung/hotel agar tamu merasa aman dan nyaman. Selain itu, trend Intimate Wedding akan menjadi pilihan calon-calon pengantin beberapa waktu ke depan di mana pesta pernikahan terasa akan lebih intim dengan jumlah tamu yang terbatas.

4. Higienitas
Faktor higienitas tentu saja akan menjadi penting untuk diperhatikan oleh Couples. Setidaknya ada beberapa hal terkait higienitas yang perlu menjadi perhatian:

  • Pastikan tersedia hand sanitizer di beberapa tempat penting seperti area buku tamu, area catering (termasuk VIP Area), tangga naik dan turun, pelaminan, serta beberapa titik lain yang dirasa perlu.
  • Ketersediaan sabun pencuci tangan di setiap toilet/wastafel
  • Siapkan thermo gun untuk pengecekan suhu. Ingat, bukan hanya tamu yang wajib dicek suhu tubuhnya, tapi juga termasuk seluruh keluarga, panitia, dan kru vendor yang bertugas.
  • Masker wajib digunakan oleh semua orang selama berada di area pesta pernikahan. Jadi pastikan stock maskernya cukup ya, Couples. Karena bisa jadi akan ada tamu undangan yang datang tanpa menggunakan masker.
  • Sarung tangan dapat digunakan bila memang diperlukan. Karena pada dasarnya selama tangan kita rajin menggunakan sanitizer atau cuci tangan, penggunaan sarung tangan tidak terlalu dibutuhkan.

5. Physical distancing
Urusan menjaga jarak tidak hanya penting di masa pandemi loh, Couples. Selama vaksin covid-19 belum ditemukan, menjaga jarak perlu menjadi perhatian terutama pada saat:

  • Foto bersama di pelaminan
  • Antrian menuju pelaminan
  • Antrian di area buku tamu
  • Antrian di area catering
  • Pengaturan jumlah kursi di meja VIP dan jarak antar kursi
  • Pemberian ucapan selamat. Hari gini masih berjabat tangan? Salam namaste saja sudah cukup kok.

6. Signage informasi
Guna mengedukasi para tamu undangan, Couples juga perlu mempertimbangkan menyiapkan signage tambahan di area pesta yang berisikan informasi mengenai penerapan-penerapan pencegahan penularan Coivid-19, supaya tamu-tamu undangan paham dan bisa mengikuti yang Couples harapkan demi kelancaran acara.

Jika semua hal tersebut di atas diperhatikan dan Couples terapkan dengan baik, pastinya akan membuat semua pihak yang terlibat pesta pernikahan seperti tamu undangan, vendor, keluarga, dan panitia merasa aman dan nyaman tanpa ada lagi rasa khawatir yang berlebih.

Tentunya Couples perlu berkonsultasi dengan Wedding Organizer yang nantinya akan membantu Couples untuk merealisasikan hal yang diinginkan, supaya salah satu acara terpenting dalam hidup Couples nanti dapat berjalan lancar demi kebaikan seluruh pihak yang terlibat.

Yuk, kita sama-sama berdoa semoga vaksin Covid-19 segera ditemukan dan masa pandemi ini segera berakhir sepenuhnya. Untuk sementara waktu, tetap #StayAtHome ya Couples dan selalu jaga kesehatan.

Ditulis oleh:
Tommy Yoewono (Parakrama Organizer)

Credit: Edward Suhadi (IG: @edwardsuhadi)
sumber: www.ceriterafightcovid19.com

Add Comment

Leave a Reply

Get Free Entrance Ticket.