fbpx

Di Indonesia, momen pernikahan adalah momen yang paling ditunggu dan yang paling di persiapkan secara matang oleh kedua belah pihak keluarga. Hal ini dikarenakan pernikahan hanya dilakukan sekali seumur hidup. Maka dari itu, pesta pernikahan harus dibuat semenarik mungkin dan menjadi momen yang bahagia.

Salah satu bentuk mewujudkan pernikahan yang menarik adalah dengan cara menyiapkan catering makanan secara sempurna. Yang dimaksud sempurna disini adalah semua orang atau tamu undangan yang hadir bisa mendapatkan makanannya masing-masing. Akan tetapi, mewujudkan catering yang sempurna ini juga membutuhkan perhitungan dan pertimbangan yang matang. Karena jika tidak, maka anggaran untuk catering pernikahan Anda bisa meledak dan melebih angka yang ditentukan.

Maka dari itu, berikut Gebyar Pernikahan Indonesia akan membagikan tips memesan catering pernikahan secara sempurna dan tetap hemat. Kira-kira apa saja tips nya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1. Hitung semua orang yang akan diundang kemudian kali dua

Sudah menjadi cara yang umum jika seseorang mendatangi sebuah acara pesta pernikahan tidak sendiri. Mereka pasti akan datang dengan pasangan, ataupun dengan keluarga sekalipun. Maka dari itu, ada baiknya untuk kamu menggandakan jumlah tamu undangan pernikahanmu agar semua yang hadir tetap kebagian.

2. Setelah menghitung semuanya, kemudian tambahkan jumlah untuk keluarga serta panitia

Jangan hanya memperdulikan tamu undangan yang hadir, tapi pastikan juga bahwa keluarga serta panitia acara pernikahan mu juga mendapatkan porsi makanan yang sesuai. Ingat juga bahwa keluargamu tidak sendirian, tapi juga ada keluarga dari pasanganmu yang juga turut hadir.

3. Coba kurangi 10% kemungkinan tidak hadir.

Kamu sudah membuat list tamu undangan, dan kamu berharap semua akan datang di acara prnikahan kamu nantinya. Namun faktanya, tidak semua orang akan dapat hadir di acara pernikahan kamu. Maka dari itu, coba untuk menghitung kemungkinan 10% pengurangan dari jumlah porsi awal yang sudah dirinci. Ini bisa menguntungkan bagi jumlah catering yang Anda miliki, namun juga bisa memberikan kerugian jika benar benar tidak habis pada akhirnya.

4. Ikuti rumus Buffet and Stall  (60:40 & 50:50)

Bagi pesta pernikahan yang diadakan di siang hari, biasanya akan digunakan rumus 60% buffet (prasmanan) dan 40% stall (makanan ringan). Sebagai contoh, jika kamu mengundang sekitar 1.000 orang untuk pesta pernikahan di siang hari, maka 60% dari 1000 orang adalah 600 porsi untuk prasmanan atau buffet.

Sementara jika kamu mengadakan persta pernikahan di malam hari, maka perbandingannya bisa menjadi setara, yakni 50:50. Dimana pada umumnya, banyak orang yang lebih memilih makanan ringan di malam hari ketimbang makanan berat.

5. Contoh perhitungan jumlah porsi catering pesta pernikahan

Setelah kamu mengetahui beberapa tips diatas, maka kamu bisa mencoba perhitungan sederhana dalam mengurusi porsi catering pesta pernikahan berikut ini. Sebagai contoh:

  • Undangan: 500
  • Keluarga dan panitia: 50
  • Total: 550
  • Total undangan : 550 x 2 = 1100 porsi
  • Faktor ketidakhadiran : 10% x 1100 pax = 110 porsi
  • Jumlah porsi : 1100 – 110 = 990 porsi (bisa dibulatkan 1000 porsi)
  • Porsi buffet : 60% x 1000 porsi = 600 porsi
  • Porsi stall : 40% x 1000 porsi = 400 porsi x 5 = 2000 porsi

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai cara menghitung dan menciptakan catering yang sempurna untuk pesta pernikahan tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebih. Jika kamu masih bingung atau butuh informasi tambahan seputar catering, maka kamu bisa langsung follow dan pantengin terus instagram @gebyarpernikahanindonesia sekarang juga! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Add Comment

Leave a Reply

Get Free Entrance Ticket.