fbpx

Resepsi Pernikahan selalu identic dengan berbagai macam hidangan makanan yang disediakan. Di setiap adat pernikahan tentunya pun memiliki aneka ragam makanan khas tradisi masing-masing. Termasuk salah satunya adalah adat Betawi yang memiliki banyak sekali ragam makanan saat mengadakan pesta pernikahan.

Suku Betawi sendiri dikenal dengan banyaknya jenis dan ragam makanan yang dimiliki. Hal ini juga yang membuat pesta pernikahan adat Betawi memiliki keunikannya tersendiri di mata para tamu undangan. Lantas, apa saja yang menjadi menu yang wajib ada dalam pernikahan adat Betawi? Berikut Gebyar Pernikahan Indonesia telah merangkumnya untuk kamu. Antara lain:

Hidangan Roti Buaya yang melegenda

Di peringkat pertama menu yang wajib ada pada pernikahan adat Betawi adalah roti buaya. Ya, siapa yang tidak mengenal roti yang cukup melegenda ini. Disebut roti buaya karena memang bentuknya didesain menyerupai bentuk buaya. Roti ini juga merupakan seserahan yang dibawa oleh rombongan pihak pria menuju kediaman wanita.

Hidangan Soto Betawi

Bicara soto, maka Betawi punya ciri khas sendiri untuk makanan berkuah yang satu ini. Soto Betawi telah lama dikenal memiliki cita rasa yang khas dengan sajian kuah santan dan berbagai isian seperti daging sapi, Jerian, usus, dan masih banyak lagi. Makanan yang satu ini pun seakan tak pernah absen dan selalu ada di setiap pernikahan adat Betawi karena rasanya yang sangat lezat.

Untuk rasa yang lebih kuat, para tamu undangan bisa menambahkan cabe rawit dan dicampur dengan nasi putih. Tak lupa juga ada kerupuk dan emping sebagai penambah kelezatan saat menyantap hidangan ini.

Jajanan Kerak Telor

Tak hanya hidangan berat, untuk urusan jajanan Betawi juga jadi juaranya. Salah satunya adalah kerak telor yang secara turun temurun masih tetap dilestarikan bahkan hingga hari ini. Di Jakarta ada begitu banyak pedagang kerak telor yang masih bisa kita jumpai. Jadi, jika ingin ada jajanan khas Betawi di pernikahan kamu, maka kerak telor adalah pilihan utama yang wajib ada dalam daftar menu catering kamu.

Pembuatan kerak telor ini sebenarnya terbilang sangat sederhana. Pasalnya, hanya dibutuhkan beberapa bahan-bahan seperti telur bebek atau telur ayam , serundeng, dan dipadukan dengan beras ketan putih, bawang goreng, serta ubi untuk memberikan rasa yang lebih khas.

Gado-gado Betawi

Selanjutnya ada gado gado Betawi yang tak boleh ketinggalan dalam daftar menu pesta pernikahan kamu nantinya. Tahukah Anda, bahwa gado-gado sendiri merupakan Bahasa Betawi yang berarti campur aduk. Sesuai namanya, hidangan ini merupakan campur aduk dari beberapa bahan makanan seperti kentang, tahu, tempe, telur rebus, ragam sayuran, dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya, gado-gado akan disiramin dengan kuah bumbu kacang.

Asinan khas Jakarta

Ingin makan buah-buahan sebagai pencuci mulut? Maka asinan khas Jakarta ini adalah pilihan yang paling tepat pada pernikahan adat Betawi. Asinan Jakarta sendiri sebenarnya adalah campuran buah-buahan seperti rujak namun dengan tambahan adanya asinan Betawi yang sangat khas. Meskipun namanya asinan, namun nyatanya rasanya cukup menyegarkan untuk dimakan setelah hidangan utama.

Agar lebih segar pembuatan asinan jakaeta ini sendiri harus dilakukan di siang hari saat tamu sedang menikmati hidangan utama dan saat suasana terasa begitu gerah. Maka disaat inilah asinan Jakarta akan cepat habis dan menjadi pilihan popular para tamu undangan.

Minuman Bir Pletok

Jika dari tadi kita hanya membahas seputar makanan saja, maka untuk minuman paling popular dalam pernikahan adat Betawi adalah bir pletok. Minuman khas Betawi ini sangat tepat disajikan saat masih panas, namun bukan berarti jika disajikan secara dingin menjadi tidak enak. Minuman ini cocok diminum saat sedang bersantai selepas menikmati hidangan penutup. Jika mengundang orang Betawi, maka sudah pasti minuman ini akan jadi pilihan utama mereka dan sangat antusias untuk meminumnya.

Hidangan Kue Pancong

Selain asinan Jakarta sebagai hidangan penutup, ternyata juga ada kue pancong yang bisa kamu masukkan kedalam daftar menu khas Betawi yang wajib ada. Kue pancong sendiri rasanya cukup manis dan cocok untuk dijadikan hidangan penutup. Sebagai informasi, kata pancong sendiri merupajan nama dari alat untuk memasak kue tersebut. Pancong merupakan sebuah alat yang ujungnya berbentuk seperti mata kail dan tajam. Alat inilah yang biasa digunakan untuk membolak balikkan kue tersebut hingga jadi. Yang jelas, rasa kue pancong sendiri sangat enak untuk dimakan Bersama para tamu undangan lainnya.

Itulah tadi beberapa hidangan yang wajib ada dalam pernikahan adat Betawi. Mana yang jadi favorit kamu? Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai pernikahan tradisional, vendor pernikahan, tips dan trik seputar pesta pernikahan, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi pameran pernikahan terbesar di Indonesia, Gebyar Pernikahan Indonesia yang akan diadakan pada tanggal 10-11 Juli 2021 di Samisara Grand Ballroom, Jakarta Selatan. Untuk informasi terupdate kamu juga bisa follow Instagram @gebyarpernikahanindonesia sekarang juga, dan jangan sampai ketinggalan berita terbarunya.

Add Comment

Leave a Reply

Get Free Entrance Ticket.