fbpx

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bagi seorang lelaki yang hendak meminang wanita pujaannya harus memberi seserahan pernikahan sebagai simbol bagaimana sang mempelai pria akan menghidupi mempelai wanitanya kelak nanti setelah menikah. Seserahan pernikahan yang diberikan tak perlu yang mewah. Walaupun isinya sederhana namun pastinya memiliki kesan yang mendalam. Mau tahu apa saja isi seserahannya? Yuk intip sama-sama!

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Memberikan buah-buahan sebagai seserahan pernikahan akan memberi kesan mendalam. Seserahan buah-buahan mempunyai makna bahwa pasangan pengantin tersebut diharapkan akan mendapat banyak berkah dan rezeki. 

Seperangkat Alat Sholat

Untuk pasangan yang menganut agama islam, seperangkat alat sholat merupakan barang wajib dalam seserahan pernikahan. Karena barang tersebut menjadi simbol bagaimana sang lelaki akan menjaga wanitanya untuk selalu patuh terhadap perintah Allah salah satunya adalah dengan menjaga ketaatannya dalam beribadah sehingga menjadikan mereka keluarga yang sakinah. 

Perhiasan

Umumnya wanita gemar  memakai perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin. Memberi perhiasan kepada mempelai wanita mempunyai arti bahwa kelak wanita tersebut akan memiliki keberuntungan seumur hidupnya. Selain itu, memberi perhiasan seperti cincin menjadi simbol pengikat dua sejoli dalam ikatan pernikahan. 

Perlengkapan Kebutuhan Wanita

Barang-barang selanjutnya yang harus ada dalam seserahan pernikahan adalah barang-barang kebutuhan wanita seperti tas, sepatu, make up, dan skincare. Setiap barang memiliki makna tersendiri. Misalnya, tas merupakan simbol kesanggupan lelaki menafkahi sang wanita. Sepatu sebagai simbol kehidupan rumah tangga yang dilandasi jalan kebenaran. Lalu skincare dan makeup memiliki makna bahwa wanita harus selalu tampil cantik dihadapan sang suami. 

Kue-kue Tradisional

Makna dalam memberikan kue-kue jajanan pasar dalam seserahan pernikahan adalah agar pasangan yang menikah diharapkan akan terus selalu bersama sampai maut memisahkan. Selain itu, kue-kue ini juga menjadi simbol jalinan silaturahmi antara kedua keluarga sang mempelai.

Itulah tadi 5 seserahan pernikahan sederhana namun memiliki arti yang mendalam. Semoga bisa menjadi inspirasimu ketika menikah nanti ya. Masih bingung menyiapkan segala keperluan pernikahanmu? Maka tak ada salahnya untuk kamu mengunjungi dan follow Instagram @gebyarpernikahanindonesia untuk mendapatkan informasi terupdate seputar pernikahan impian kamu. Mulai dari dekorasi, hingga perlengkapan aksesoris pernikahan semua bisa kamu lihat disitu. Jadi tunggu apalagi, follow sekarang juga dan temukan yang kamu cari untuk pernikahanmu, sekarang juga!

Source : https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/relationship/amp/fajar-laksmita-dewi-1/7-inspirasi-seserahan-sederhana-beserta-maknanya-yang-mendalam

Add Comment

Leave a Reply

Dapatkan Tiketnya