Tidak berbeda dengan pernikahan pada umumnya, pernikahan Adat Padang atau Minangkabau bertujuan untuk menyempurnakan separuh agama dan menyatukan dua sejoli dalam suatu ikatan suci untuk menciptakan keluarga baru sesuai dengan ajaran Islam. Namun, yang belum banyak orang ketahui adalah dalam adat Minang terdapat 4 bentuk pernikahan. Terciptanya bentuk – bentuk pernikahan ini tentunya tidak lepas dari adat istiadat yang berlaku. 
 
Pernikahan Yang Ideal
Pernikahan jenis ini adalah pernikahan dengan kerabat seperti anak dengan keponakan. Dalam istilah Minang, pernikahan ini sama juga  dengan  perkawinan  ka bako atau perkawinan awak samo awak. 

Pernikahan Tidak Ideal 
Pernikahan jenis ini terjadi apabila sang wanita bukan dari keturunan Minang. Seperti yang diketahui suku Minangkabau menganut sistem Matrilineal yaitu sistem kekeluargaan yang menarik garis keturunan dari Ibu. Apabila si wanita bukan dari keturunan Minang, maka keturunan nya tidak akan memiliki suku Minang. 
 
Pernikahan Pantang
Bentuk pernikahan ini adalah yang paling dilarang dalam adat Minang karena tidak sesuai dengan ajaran agama dan adat, seperti menikah dengan orang sesuku, saudara sedarah, dengan orang tua kandung dan juga saudara sepersusuan. Bagi yang melanggar akan mendapat sangsi moral yang berat tidak hanya bagi yang melakukan namun juga bagi seluruh keluarga besar. 



Pernikahan Sumbang
Sama halnya dengan pernikahan pantang, pernikahan bentuk ini merupakan pernikahan dengan kerabat yang melanggar hukum adat karena dapat merusak tatanan adat. 
 
Itulah 4 jenis – jenis pernikahan dalam adat Padang atau Minangkabau. Sebagai masyarakat yang memiliki suku budaya ada baiknya kita mematuhi aturan dan adat yang berlaku terutama dalam hal pernikahan demi terus mempertahankan budaya yang sudah ada dari zaman nenek moyang dahulu. 
 
Source : https://padang.harianhaluan.com/tren-lifestyle/pr-1061916629/mengenal-4-jenis-perkawinan-di-minangkabau?page=2


Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + 3 =