Menjelang pernikahan biasanya calon pengantin akan disibukkan dengan berbagai ragam pilihan persiapan pernikahan, mulai dari lokasi, baju pengantin, undangan, hingga yang paling menarik untuk di persiapkan adalah menu hidangan saat pesta pernikahan. Setidaknya, jika kamu dan pasangan hendak melangsungkan pernikahan dengan konsep nasional maka terdapat dua pilihan konsep hidangan yang bisa kamu dan pasangan coba, yakni hidangan prasmanan dan hidangan gubuk.
 
Sayangnya, masih banyak para calon pengantin yang belum paham betul mengenai hidangan prasmanan ataupun pilihan hidangan gubuk ini. Untuk itu, agar kamu dan pasangan tidak bingung dalam memilihnya, berikut Gebyar Pernikahan Indonesia akan membagikan sedikit informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari pemilihan dua hidangan  tersebut. Untuk itu, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
 
1. Hidangan Prasmanan Indonesia
Jika kamu dan pasangan berencana untuk mengundang sekitar 500 hingga 1000 orang, maka hidangan prasmanan sederhana bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Secara umum, hidangan prasmanan akan disediakan pada sebuah meja panjang dimana menu yang dihidangkan biasa berupa menu rumahan namun dengan rasa dan tampilan yang lebih enak dan lebih menarik.
 
Sebagai contoh, biasanya menu prasmanan sederhana terdiri dari nasi, beragam lauk pauk, sup, sayuran, minuman hingga beberapa hidangan penutup seperti misalnya es krim, puding, ataupun jajanan pasar pada umumnya.
 
Kelebihan  hidangan prasmanan:
·         Harga lebih terjangkau dibanding dengan hidangan gubuk.
·         Merupakan selera kebanyakan dari para tamu sehingga tidak perlu takut tamu undangan akan kecewa atau tidak.
·         Terdapat berbagai macam menu makanan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan bagi para tamu undangan.
·         Para tamu undangan akan mengambil makanan secara teratur sehingga perhitungan jumlah makanan yang disediakan bisa lebih efektif.
 
Kekurangan hidangan prasmanan:
·         Menu makanan prasmanan seakan tak ada bedanya dengan menu yang biasa dimakan oleh para tamu undangan sehingga bisa dikatakan tidak ada hal yang menarik dari menu hidangan prasmanan.
·         Kurang mendapatkan kesan yang mewah dari menu hidangan yang ditampilkan.
 
2. Hidangan gubuk
Sedikit berbeda dengan hidangan prasmanan, biasanya hidangan gubuk ini tersedia dan dihidangkan dalam bentuk pondok-pondok kecil. Sebagai contoh, biasanya dalam satu pondok akan terdapat satu menu, entah itu menu hidangan pembuka, ataupun hidangan penutup.
Bagi masyarakat Indonesia, hidangan gubuk ini sendiri biasanya di isi oleh berbagai menu yang sama hampir di setiap pernikahan yang mengusung konsep hidangan gubuk seperti mie ayam, sate, soto, dan berbagai hidangan penutup seperti es buah, eskrim dan lain-lain. Menariknya, hidangan gubuk ini akan membuat para tamu undangan akan lebih antusias dan penasaran untuk berkeliling melihat lihat setiap pondok untuk mengetahui tiap tiap menunya.
 
Kelebihan hidangan gubuk:
·         Biasanya menu hidangan gubuk lebih istimewa ketimbang hidangan prasmanan karena bukan menjadi salah satu hidangan rumahan, sehingga membuatnya lebih terasa spesial.
·         Hidangan gubuk membuat tamu undangan lebih bebas dalam memilih apa yang akan mereka makan, sehingga ini lebih disukai untuk tamu undangan dan mereka tidak akan segan untuk mengambil kembali hidangan tersebut.
·         Terkesan lebih mewah ketimbang hidangan prasmanan.
 
Kekurangan hidangan gubuk:
·         Biasanya para vendor catering akan menawarkan harga yang lebih mahal untuk hidangan gubuk dibandingan dengan harga menu prasmanan sederhana.
·         Jika kamu menggabungkan antara hidangan prasmanan dan hidangan gubuk, maka bisa dipastikan bahwa hidangan gubuk akan lebih cepat habis dibandingkan prasmanan, sehingga pada saat pemesanan kamu dan pasangan harus menghitung 2 kali lipat untuk hidangan gubuk.
·         Dengan menu yang beragam pada hidangan gubuk, maka perhitungan dari vendor catering pun akan lebih repot untuk urusan jumlah makanan dibandingkan hidangan prasmanan yang biasanya disajikan dalam bentuk paket.
 
 
So, setelah membaca kelebihan dan kekurangan dari kedua hidangan tersebut diatas, manakah yang akan kamu dan pasangan pilih di hari pernikahan kalian? Apakah prasmanan, atau gubuk? Atau bahkan keduanya?

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + 1 =