Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menggelar pesta pernikahan yang bertemakan adat. Mulai dari dekorasi, busana pengantin, tarian adat, musik, hingga makanan yang disajikan haruslah sesuai dengan tema adat yang diusung. 

Menyajikan makanan khas daerah dalam pernikahan adat menjadi salah satu kunci penting terciptanya nuansa adat dalam pernikahan. Dalam pernikahan adat Padang sendiri, makanan yang dihidangkan tentunya adalah masakan Padang yang identik dengan santan, rasa pedas, dan juga bumbu rempahnya. Ada banyak macam pilihan menu dalam masakan Padang. Namun, 4 menu ini sudah cukup membuat pernikahanmu lebih terasa nuansa adat Padang nya. Apa saja? 

  1. Rendang 

Siapa yang tidak tahu menu yang satu ini? Makanan khas adat Minang yang sudah sangat terkenal bukan hanya di Indonesia saja namun juga di dunia. Tidak heran, masakan ini tidak hanya disajikan dalam pesta pernikahan di daerah asalnya sendiri namun juga kita temui di pesta pernikahan di kota metropolitan Jakarta dan daerah lainnya. Selain karena rasanya yang lezat, bahan utamanya menjadikannya sebagai salah satu hidangan mewah. 

2. Cancang


Selain rendang, cancang merupakan masakan khas Padang selanjutnya yang bisa kamu masukan dalam daftar menu catering pernikahan adat Padang. Hampir sama dengan rendang, namun isian dalam cancang lebih banyak jenisnya, yaitu terdiri daging, tetelan, jeroan sapi atau kambing yang dicincang – cincang kecil. 

3. Sate Padang

Menu sate dalam pesta pernikahan menjadi salah satu menu yang paling laris. Karena tamu tidak perlu repot-repot makan dengan sendok dan garpu, cukup menyantapnya dari tusukan sate. Berbeda dengan sate ayam biasa yang dilumuri bumbu kacang atau kecap, daging yang digunakan pada sate Padang adalah jeroan sapi dan disiram dengan bumbu khas Padang. Sate Padang sendiri ada 2 jenis; sate Padang Pariaman dan sate Padang Panjang, dan yang membedakan kedua jenis sate ini adalah warna dan tekstur kuah dari masing–masing daerah. 

4. Gulai Tauco

Menu selanjutnya yang harus ada dalam pernikahan adat Padang adalah gulai tauco. Menu ini memang jarang sekali kita temui di rumah makan Padang biasa, namun masakan satu ini banyak disajikan dalam pesta pernikahan adat Padang. Aroma kuahnya khas dari tauco dan rasanya yang gurih berasal dari santan, ditambah campuran bumbu khas Padang berikut isiannya yaitu udang, buncis dan tahu membuat menu ini paling dicari oleh para tamu. 

Nah, itulah 4 menu yang bisa dijadikan referensi di acara pernikahanmu. Namun sebelum itu, yang harus kamu perhatikan adalah vendor cateringnya. Tidak semua vendor memiliki citarasa yang otentik dikarenakan proses pengolahan dan bumbu yang sudah banyak dimodifikasi sehingga berbeda dengan yang diajarkan leluhur.  Pastikan vendor catering masakan Padang yang kamu pilih mempunyai citarasa masakan Padang yang otentik.

Agar kamu tidak ragu,  kamu bisa mengunjungi Gebyar Pernikahan Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Januari 2023 berlokasi di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini. Tidak hanya vendor catering, akan ada vendor – vendor pernikahan profesional lainya yang akan membantu mewujudkan pernikahan impianmu mulai dari adat hingga modern. Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan Grand Prize 1 unit mobil dan beragam hadiah hiburan menarik lainnya. Tunggu apa lagi? Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan ya..

Source : https://weddingmarket.com/artikel/catering-pernikahan-masakan-padang

https://www.weddingku.com/blog/makanan-wajib-ada-di-pesta-pernikahan-adat-minang
https://www.idntimes.com/food/diet/hafiz-alfandi/makanan-dalam-upacara-pernikahan-adat-minangkabau-c1c2?page=all

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

67 − = 66

Dapatkan Tiketnya di