Bagi kamu yang sedang berencana menikahi wanita Palembang, jangan buru-buru tanya soal maharnya dulu ni. Pasalnya, ada beberapa prosesi dan ritual pernikahan yang harus kamu ketahui sebelum menikahi wanita Palembang. Bahkan, tradisi ini sudah bertahun-tahun dan secara turun temurun dilestarikan menjadi tradisi dan budaya khas Palembang.

Lantas, apa saja prosesi dan ritual tersebut? Untuk itu, Gebyar Pernikahan Indonesia sudah merangkumnya untuk kamu. Simak selengkapnya berikut ini.

Prosesi Madik

Madik adalah tahap pendekatan yang dilakukan oleh pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita.

Pada tahap ini, pihak keluarga pria akan mengutus seseorang untuk mengetahui latar belakang keluarga wanita, seperti pendidikan, pekerjaan, dan status sosial.

Prosesi Menyengguk

Menyengguk adalah tahap pinangan yang dilakukan oleh pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita. Pada tahap ini, pihak keluarga pria akan membawa tenong yang berisi berbagai macam makanan, seperti telur, mentega, dan terigu.

Tenong ini merupakan simbol bahwa pihak keluarga pria akan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup calon pengantin wanita.

Prosesi Berasan

Berasan adalah tahap musyawarah yang dilakukan oleh kedua belah pihak keluarga untuk membahas persyaratan pernikahan, baik secara adat maupun agama. Pada tahap ini, kedua belah pihak keluarga akan membahas mengenai mahar, maskawin, dan adat yang akan diikuti dalam prosesi pernikahan. Nah, di tahap inilah baru kamu bisa membahas mahar secara bersama sama dengan keluarga besar.

Prosesi Mutuske Kato

Mutuske Kato adalah tahap penetapan waktu pelaksanaan pernikahan. Pada tahap ini, pihak keluarga pria akan menetapkan waktu pelaksanaan pernikahan dan menyampaikannya kepada pihak keluarga wanita.

Prosesi Nganterke Belanjo

Ngangerke Belanjo adalah tahap seserahan yang dilakukan oleh pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita.

Pada tahap ini, pihak keluarga pria akan membawa berbagai macam barang yang akan diberikan kepada calon pengantin wanita, seperti baju pengantin, perhiasan, dan uang.

So, gimana? Sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti semua prosesi dari adat Palembang tersebut. Yang jelas, pernikahan dilakukan atas dasar keseriusan dan keyakinan. Jadi jika kamu dan pasangan sudah yakin, maka semua proses adat yang akan dijalankan terasa lebih mudah dan terasa ringan.

Add Comment

Comments are closed.