Dari mulai upacara pernikahan, pemakaian cincin, kue pernikahan hingga seragam untuk para bridesmaids adalah hal yang sering dibicarakan saat seseorang mempersiapkan pesta pernikahan.

Namun tahukah kamu? Bahwa hal-hal tersebut sebenarnya memiliki arti yang menarik yang dipercaya banyak orang sejak dulu. Penasaran apa saja fakta tersebut? Yuk simak berikut ini!

Penempatan Cincin di Jari Manis

Mengapa harus jari manis ? Pada zaman dahulu, orang-orang banyak berpegang pada simbol dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menggunakan cincin pernikahan. Penempatan cincin di jari manis tangan kiri ternyata dipercaya karena bahwa pembuluh darah di jari keempat tangan kiri mengarah langsung ke jantung yang menjadi simbol cinta.

Kue Pernikahan

Siapa yang sangka bahwa kue pernikahan ternyata memiliki makna tersendiri dan tidak hanya menjadi pajangan kepada para tamu. Kue pernikahan ternyata memiliki tradisi simbolis sejak zaman Romawi. Artinya adalah kesuburan dan kesuksesan. Semakin besar kue tersebut, semakin besar juga harapan dan pencapaian pengantin.

Seragam untuk Bridesmaids

Zaman dahulu, orang-orang percaya akan ada banyak roh jahat pada suatu pernikahan, sehingga para pengiring pengantin menggunakan pakaian yang sama. Hal ini dipercaya akan melindungi pengantin dari roh jahat tersebut. Itulah mengapa para pengiring pengantin selalu menggunakan seragam yang sama.

Beda Budaya, Beda Upacara

Upacara pernikahan bisa berbeda-beda menurut agama, kepercayaan dan adat istiadat yang dipercaya pasangan pengantin. Seperti di India contohnya, beberapa orang lebih suka menikahi pohon secara simbolis, karena dipercaya sebagai lambang keberuntungan dan perlindungan. Begitupun di Indonesia yang memiliki banayak sekali prosesi upacara pernikahan

Nah itulah informasi singkat mengenai fakta-fakta unik yang ada di pernikahan. Sehingga kamu bisa lebih khusyuk saat menjalani pernikahan, karena semua prosesi memiliki arti tersendiri. Bagaimana Couples, sudah siapkah kamu untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius ? Untuk menambah referensi, kamu dan pasangan bisa langsung mengunjungi situs www.gebyarpernikahanindonesia.com ya!

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi langsung pameran pernikahan terbesar di Indonesia bertajuk “Gebyar Pernikahan Indonesia” yang akan diselenggarakan tanggal 07-09 Februari 2020 bertempat di Kartika Expo center, Balai Kartini Jakarta. Sampai ketemu disana ya Couples! Sumber foto utama: https://www.grid.id/read/04182703/yuk-intip-tren-kue-pengantin-masa-ke-masa-dari-pai-hingga-dekorasi-berantakan-yang-modern?page=all

Add Comment

Leave a Reply