Salah satu momen spesial dalam hidup adalah menikah. Berawal dari saling mengenal sampai memantapkan hati untuk mengikat janji hidup bersama, pernikahan bukan hanya membuat sepasang kekasih bahagia namun juga kedua belah keluarga. Namun untuk menuju halal, ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan bagi calon pengantin. Simak selengkapnya yuk!
 
Persiapan Mental
Dua orang dengan pemikiran yang berbeda dalam satu atap, tentu tidak mudah sekalipun kalian sudah saling mengenal dalam kurun waktu tertentu. Karena itulah, sebelum menikah kamu perlu mengenal dirimu sendiri karena pernikahan bukan hal sederhana yang diisi dengan kebahagiaan saja. Kamu akan mengalami banyak hal baru yang mungkin akan membuatmu bingung. Jadi, mulailah mempersiapkan mental untuk hidup yang lebih harmonis.
 
Persiapan emosional
Bukan hanya mental, kamu juga perlu menata ego karena ego bisa menjadi salah satu hal yang membuat rumah tanggamu menjadi tidak harmonis. Percayalah akan selalu ada masalah dalam hidup, bukannya diselesaikan dengan emosi, kamu perlu belajar untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin dan berdiskusi dengan pasangan untuk menemukan solusi. Hal ini juga akan menghindari salah satu pihak tersakiti.
 
Persiapan Bagi Waktu
Ketika kamu mulai merasa pernikahan membuat hubunganmu dengan keluarga dan teman menjadi renggang, jangan buru-buru sedih atau malah stres. Ini justru bisa menjadi momen yang baik untuk membuat hubunganmu dengan keluarga dan teman lebih akrab lho. Ingat, di zaman yang serba canggih ini, cukup chat di grup media sosialmu, sapa, dan mulailah buat pertemuan seru. Memang waktumu bersama mereka akan berkurang setelah menikah, tapi bukan berarti kamu kehilangan mereka.
 
Persiapan Finansial
Dalam berumah tangga, tentunya akan ada banyak kebutuhan yang perlu dipikirkan, mulai dari biaya bulanan yang harus dikeluarkan sampai kebutuhan anak nantinya. Jadi, untuk menghindari kesalahpahaman nantinya, cobalah untuk saling terbuka masalah finansial sebelum menikah.
 
Persiapan Biaya Pernikahan
Satu dari banyak persiapan yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang adalah biaya pernikahan. Bukan rahasia umum kalau pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari catering, dekorasi pernikahan sampai Make Up Artist yang akan digunakan, akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jangan lupa untuk membuat daftar persiapan pernikahan agar semua terencana dengan baik dan sesuaikan dengan budget ya.
 
https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/5-hal-penting-sebelum-menikah/
https://www.gramedia.com/best-seller/persiapan-pernikahan/

Add Comment

Comments are closed.