Banyak pertimbangan yang harus diputuskan keluarga mempelai dalam memilih menu hidangan saat resepsi pernikahan. Selain banyak menyita anggaran, memilih menu hidangan yang tepat juga banyak menyita waktu berpikir untuk menentukan mana menu yang sesuai dan akhirnya dipilih.

Penyajian menu hidangan juga sering disoroti tamu undangan yang hadir, loh. Jadii sudah sewajarnya keluarga mempelai selalu ingin yang menyajikan yang terbaik, dan bahkan kalau bisa minim bujet. Ini tip dan triknya untuk kamu dalam memilih katering yang sesuai dengan bujet kamu.

1. Menyepakati Tema Pernikahan

Apakah pernikahanmu akan bernuansa modern, atau bahkan condong ke salah satu suku? Dapat dilihat dari lingkungan kamu, atau menyesuaikan dengan mayoritas tamu undangan. Jika ternyata lingkungan kamu pesta adalah di tanah Batak, dan kamu menyajikan makanan Jawa, tentunya tidak sesuai dengan lidah dan ini bisa berakibat adanya sisa makanan.

Maka penting sekali menentukan tema pernikahan yang akan dijadikan sebagai list makanan apa yang cocok disajikan di acara pernikahan.

2. Menentukan Bujet Dan Membuat Rencana Anggaran

  Membuat rencana anggaran pastinya akan menyita waktu yang lama. Apalagi mengingat makanan menjadi salah satu yang terpenting dan banyak mengeluarkan anggaran. Kamu perlu serius dan memikirkan dengan matang kebutuhan pernikahan apa yang sekiranya dapat dikurangi agar tidak overbudget.

Dengan menentukan bujet di awal untuk konsumsi pastinya kamu akan lebih terarah dalam menentukan katering yang sesuai keinginan kamu. Rencana anggaran yang telah berhasil dibuat akan membantu menyelesaikan persoalan tentang overbudget jadi jangan lupa untuk memastikan bujet kamu dan pihak keluarga agar lebih muda memutuskannya.

3. Menyediakan Menu Hidangan Sesuai Jumlah Undangan

Menyediakan menu hidangan ‘pas-pas.an’ juga tak direkomendasikan, tapi menyediakannya berlebihan dari jumlah undangan pun tak dibenarkan. Karena akan membuat overbudget dan juga berkemungkinan banyak sisa makanan. Untuk kamu yang sedang berhemat, sediakan hidangan sesuai jumlah undangan, ya. Paling tidak jika ingin melebihkan, tidak terlalu banyak jumlahnya.

4. Jangan Lupa Untuk Sediakan Menu Bervariasi

Tak semua tamu undangan hadir untuk makan nasi, bisa jadi hanya ingin mengemil camilan atau dessert, maka jangan lupa untuk sediakan menu yang bervariasi, baik itu minuman, makanan berat, ataupun camilan. Dan kurang lengkap memang kalau pesta pernikahan hanya menyediakan menu utama tanpa camilan dan semacamnya. Tapi, apa bisa berhemat?

Tentu bisa, alokasikan semua dana untuk masing-masing pos, yaitu untuk menu utama, camilan, dan minumannya. Di pos camilan atau dessert, jangan terlalu monoton dalam menentukan menunya, dan jangan terlalu banyak dan merata dalam  menyajikan menunya. Misalnya dengan menyediakan es cream 3000 cup, batagor 200 pax, puding 200 cup, dan soto 300 pax. Dengan menentukan target masing-masing dessert dan menu tambahan, akan membantu kamu dalam berhemat.

Nah kalau kamu, lebih suka menu hidangan bertema tradisional atau modern, nih? Jangan lupa untuk pilih katering yang sesuai dengan bujet kamu, ya.

Add Comment

Comments are closed.